S1 Bioteknologi

Tentang Program Studi

Akreditasi

Baik

Website

-

gambar-prodi

Deskripsi Program Studi

Bioteknologi merupakan ilmu terapan yang melibatkan berbagai cabang ilmu pengetahuan dan teknologi. Bioteknologi ini memiliki tujuan untuk meningkatkan manfaat makhluk hidup agar dapat menghasilkan suatu produk yang bernilai tambah (barang dan jasa). Program Studi (Prodi) Bioteknologi ITEKES Muhammadiyah Kalimantan Barat merupakan Prodi Bioteknologi pertama dan satu-satunya di Kalimantan. Prodi Bioteknologi dirancang untuk menghasilkan sarjana yang unggul di bidang bioteknologi yang mampu mengembangkan sumber daya alam hayati menjadi produk yang bernilai tambah untuk diaplikasikan di bidang kesehatan, pertanian, industri, dan perairan.

Secara umum, ilmu Bioteknologi digolongkan menjadi empat ruang lingkup berikut ini.

1. Bioteknologi Putih

Membahas segala yang berkaitan dengan industri, mulai dari industri di bidang pangan, kesehatan, produk-produk kecantikan, bahan bakar dan lainnya.

2. Bioteknologi Biru

Membahas lingkup perairan dan kelautan, seperti pemanfaatan alga sebagai sumber energi, dan lainnya.

3. Bioteknologi Hijau

Membahas bidang pertanian, dan penerapannya yaitu tanaman tahan hama, rekayasa tanaman dan lainnya.

4. Bioteknologi Merah

Membahas kesehatan atau ilmu kedokteran. Aplikasi dari bioteknologi merah adalah pembuatan antibodi dan vaksin, stem cell, tissue engineering, artificial blood, drug delivery, nanomedicine, dan lainnya.

Program Unggulan

Bioteknologi ITEKES Muhammadiyah Kalimantan Barat memiliki unggulan bioteknologi berbasis sumber daya alam hayati tropis di bidang kesehatan.

Keahlian Lulusan Bioteknologi

  1. Kemampuan riset atau meneliti
  2. Kemampuan berpikir kritis
  3. Kemampuan menganalisis
  4. Kemampuan komunikasi
  5. Pemahaman biologi ilmu-ilmu turunannya seperti fisiologi, mikrobiologi, dan biokimia

 

Mengapa harus kuliah di Prodi Bioteknologi

  1. Jurusan Bioteknologi masuk ke dalam 8 besar jurusan terbaik dengan prospek kerja yang menjanjikan (gramedia.com).
  2. Semakin dengan kemajuan teknologi, Bioteknologi akan semakin berkembang. Hal ini berarti lapangan pekerjaan akan semakin luas.
  3. Kebutuhan ahli bioteknologi di Indonesia semakin meningkat.
  4. Ahli bioteknologi di Indonesia masih sedikit.
  5. Bidang karir yang dapat dimasuki oleh lulusan jurusan Bioteknologi sangat luas, mulai dari bidang kesehatan, pertanian, farmasi, perikanan dan lain-lain.
  6. Prodi Bioteknologi ITEKES Muhammadiyah Kalimantan Barat merupakan Prodi Bioteknologi pertama dan satu-satunya di Kalimantan, sementara kebutuhan lulusan bioteknologi di Kalimantan akan terus meningkat. Hal ini berarti peluang kerja lulusan Bioteknologi di Kalimantan sangat besarInformasi Beasiswa Prodi

Program studi menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang beprestasi akademik di setiap semesternya. Prestasi akademik dinilai berdasarkan Indeks Prestasi Sementara (IPS) mahasiswa. Lima orang dengan IPS terbaik setiap semester diberikan beasiswa prestasi akademik dari program studi.

Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

PMB Mandiri (Lulusan SMA/SMK/MA Sederajat) - PMB Mandiri

Jalur ini untuk lulusan SMA/SMK/MA sederajat :DENGAN TES TERTULISPada Jalur ini anda bisa memilih program studi :S1 (Ilmu Keperawatan)DIII (Keperawatan)S1 (Administrasi Kesehatan)S1 (Bioteknologi) BIAYA PRA REGISTRASI (7 hari setelah dinyatakan lulus) DAFTAR ULANGDIII Keperawatan...

Reguler

26 Maret 2024 - 24 Juni 2024

Biaya Daftar Gratis

UNDANGAN (Lulusan SMA/SMK/MA Sederajat) - Undangan

Jalur ini untuk lulusan SMA/SMK/ MA sederajat : TANPA TES TERTULIS SELEKSI DILAKUKAN BERDASARKAN BERKAS Pada Jalur ini anda bisa memilih program studi : S1 (Ilmu Keperawatan) DIII (Keperawatan) S1 (Administrasi Kesehatan) S1 (Bioteknologi)   BIAYA PRA REGISTRASI...

Reguler

26 Maret 2024 - 24 Juni 2024

Biaya Daftar Gratis

Prospek Karir

Prospek Karir

1. Aparatur Sipil Negara (ASN)

Lulusan bisa berkarier di lingkup pemerintahan, dengan berkuliah di bioteknologi peluang menjadi ASN lebih besar. Lulusan bioteknologi banyak dibutuhkan di instansi-instansi pemerintah contohnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

2. Peneliti

Lulusan menjadi seorang peneliti (asisten) di bidang bioteknologi di berbagai lembaga penelitian seperti LIPI, BPPT, Eijkman, BB Biogen, Litbang milik rumah sakit, Litbang milik departemen pertanian, peternakan, perikanan, kelautan, dan kesehatan. Selain itu, lulusan juga menjadi peneliti di berbagai lembaga penelitian milik perguruan tinggi.

3. Research and Development (RnD)

Lulusan berkarir sebagai RnD yang bertugas mengembangkan mutu suatu produk melalui penelitian dan pengembangan di perusahaan makanan dan obat-obatan menjadi produk yang berkualitas menggunakan teknik bioteknologi. RnD bekerja di berbagai perusahaan seperti PT Danone, Nutrifood, Indofood, Kalbefarma, PT Biofarma, Yakult, dan lain-lain.

4. Quality Control (QC)

Lulusan berkarir sebagai QC yang menjamin kualitas suatu produk makanan dan obat-obatan hasil teknologi berbasis bioteknologi di berbagai perusahaan makanan dan obat-obatan.

5. Product Specialist

Lulusan berkaris sebagai seorang product specialist yang memahami dan menguasai produk bioteknologi atau alat bioteknologi di bidang kesehatan dan pangan

6. DNA Forensik

Lulusan berkarir sebagai ahli di bidang deteksi DNA. DNA forensik bekerja di bidang departemen kepolisian, angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara.

7. Biotechpreneurship

Lulusan menjadi ahli di bidang bioteknologi yang mampu memanfaatkan kekayaan alam Indonesia menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas, sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan. Lulusan bisa membuka usaha sendiri ataupun kerja sama dengan pihak lain untuk mengembangkan pengolahan makanan misalnya produksi yogurt, kecap, nata de coco dan lainnya. Lulusan juga bisa mengolah virgin coconut oil (VCO) yang kaya manfaat dan sangat dibutuhkan orang.

Materi Pembelajaran

Materi Pembelajaran

Pembelajaran pada bidang bioteknologi mengintegrasikan berbagai cabang ilmu pengetahuan dan teknologi. Beberapa mata kuliah yang ada di bioteknologi antara lain biokimia, biologi sel, teknologi fermentasi, rekayasa genetika, bioinformatika, teknologi bahan alam, bioteknologi kesehatan, mikrobiologi farmasi, dan lain sebagainya.

Pada tahun ajaran akhir, mahasiswa bioteknologi juga menjalankan program kerja praktek dan penelitian. Kerja prakteknya dapat dilakukan di berbagai perusahaan hingga institusi pemerintah seperti BPOM, kementerian di Indonesia, dan berbagai perusahaan swasta misalnya Bayer, Prodia, Kalbe, Martha Tilaar, Monsanto, Sampoerna, Greenpeace, dan masih banyak lagi.



Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca user guide (petunjuk) pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!