S1 Administrasi Kesehatan

Tentang Program Studi

Akreditasi

Baik

Website

-

gambar-prodi

Deskripsi Program Studi

Program Studi Administrasi Kesehatan menyelenggarakan pendidikan dan Pengajaran serta terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi mahasiswa dengan tujuan untuk menghasilkan Prodi Adminkes yang professional, inovatif, adaptif islami, menguasai sistem informasi dan teknologi dibidang kesehatan serta berdaya saing nasional maupun internasional 2050. Program studi ini menunjukan komitmennya untuk terus mengembangkan prodi sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan kemajuan IPTEKS yang dewasa ini berkembang sangat pesat karena itu, program studi lebih menitikberatkan pelayanan untuk menghasilkan produk pendidikan yang berkualitas sejalan dengan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi. Pelayanan program studi yang dimaksudkan untuk mencapai visi misi, tujuan dan sasaran tersebut harus dituangkan dalam sebuah perencanaan.

Program studi administrasi kesehatan ITEKES Muhammadiyah Kalimantan Barat merupakan salah satu cabang program studi yang baru dibidang kesehatan. Proram studi administrasi kesehatan mempelajari bidang mutu layanan rekam medik, dikaitkan langsung dengan aspek penerapan ke arah pelayanan kesehatan, kedokteran, kebidanan, keperawatan, dan kefarmasian. Lulusan Prodi S1 Administrasi Kesehatan bergelar Sarjana Kesehatan (S.Kes). Pendidikan S1 Administrasi Kesehatan ditempuh dalam 8 semester dengan lama studi maksimal 7 tahun. Prodi Administrasi Kesehatan di Institut Teknologi dan Kesehatan Muhammadiyah Kalimantan Barat merupakan program studi administrasi kesehatan pertama di Kalimantan dan satu-satunya di Kalimantan Barat. Seiring denga perkembangan teknologi informasi di bidang kesehatan maka program studi administrasi kesehatan menjadi pilihan yang tepat bagi siswa yang berencana melanjutkan perkuliahan karena tenaga administrator yang menguasai teknologi informasi masih sangat dibutuhkan khususnya di bidang kesehatan. Hal ini berkaitan juga akan di berlakukannya rekam medik elektronik di Indonesia, sehingga peluang kerjanya cukup tinggi untuk meningkatan efektivitas dan efisiensi sistem pelayanan kesehatan di Indonesia.

 

 

Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

PMB Mandiri (Lulusan SMA/SMK/MA Sederajat) - PMB Mandiri

Jalur ini untuk lulusan SMA/SMK/MA sederajat :DENGAN TES TERTULISPada Jalur ini anda bisa memilih program studi :S1 (Ilmu Keperawatan)DIII (Keperawatan)S1 (Administrasi Kesehatan)S1 (Bioteknologi) BIAYA PRA REGISTRASI (7 hari setelah dinyatakan lulus) DAFTAR ULANGDIII Keperawatan...

Reguler

25 Juni 2024 - 31 Agustus 2024

Biaya Daftar Gratis

Prospek Karir

Prospek Karir

Lulusan yang akan dihasilkan oleh Prodi administrasi kesehatan Institut Teknologi dan Kesehatan Muhammadiyah Kalimantan Barat diharapkan mampu melaksanakan tugas sebagai administrator, dan manajer pada berbagai tatanan pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, Puskesmas, dan Dinas Kesehatan serta lembaga pemerintah dan Swasta lainnya yang memiliki jiwa kepemimpinan dan manjerial yang handal serta menguasai teknologi. Sebagai Administrator mampu melakukan pelayanan administrasi kesehatan yang prima terkait kompetensi sarjana administrasi kesehatan dan sebagai Health Care Manager Mampu mengelola pelayanan kesehatan yang memiliki kemampuan dalam perencanaan, pengorganisasian pengawasan dan pengendalian sistem pelayanan kesehatan.

Materi Pembelajaran

Materi Pembelajaran

Kurikulum yang digunakan berdasarkan tuntutan kebutuhan di lapangan dan kemudian capaian pembelajaran yang sesuai dengan KKNI level 6 serta mengadopsi dari kurikulum institusi pendidikan tenaga kesehatan. Program Studi Administrasi Kesehatan Institut Teknologi dan Kesehatan Muhammadiyah Kalimantan Barat menempuh masa studi selama 4 tahun dengan beban SKS selama 8 semester berjumlah 144 SKS.  Beban SKS Semester I 18 SKS (14 SKS Teori dan 4 SKS Praktik), semester II   18 SKS (16 SKS Teori dan 2 SKS Praktik), semester III   20 SKS (16 SKS Teori dan 4 SKS Praktik), semester IV   20 SKS (15 SKS Teori dan 5 SKS Praktik), semester V   20 SKS (16 SKS Teori dan 4 SKS Praktik), semester VI   20 SKS (15 SKS Teori dan 5 SKS Praktik), semester VII   20 SKS (12 SKS Teori dan 8 SKS Praktik) dan semester VIII  8 SKS Praktik. Untuk Mata kuliah pilihan semester IV terdiri dari: Sosiologi Kesehatan, Asuransi Kesehatan dan Ilmu Komputer. Semester V terdiri dari: Kewirausahaan, Manajemen Pembiayaan dan penganggaran Kesehatan serta Manajemen Puskesmas. Semester VI terdiri dari: E-Hospital, Manajemen Program Kesehatan Ibu dan Anak dan Manajemen Bencana.



Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca user guide (petunjuk) pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!